Senin, 13 Mei 2013

Resep entahlah buat anak kos Calon Arsitek

Tulisan sebelumnya kita sudah membahas tentang menu wajib. Nah sekarang saya mau berbagi resep simple buat anak kos calon arsitek yang lagi pengen masak atau kepepet harus masak. Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus selalu tersedia.

Pertama, benda wajib yang harus dimiliki.
  • Kompor
  • Wajan/kuali sedang
  • Wajan anti lengket kira-kira diameter 15cm
  • Ricecooker
  • Panci diameter 15cm
  • Talenan
  • Pisau
  • Peralatan makan
Tapi biasanya, semua benda ini sudah tersedia di kos, jadi kalo sudah ada, ga usah beli lagi. Gunanya akan kita bahas nanti sambil jalan yaa…

Kedua, bahan makanan yang wajib ada.
  • Beras
  • Minyak goreng
  • Garam
  • Gula
  • Merica
  • Bawang merah, bawang putih
  • Telur
Semua benda di atas ini aman disimpan walau di kos gada kulkas. Khusus untuk bawang merah putih, harus diletakkan di tempat terbuka biar ga gampang busuk. Belinya pun dikit-dikit aja. Misalnya beras, beli 2kg aja, minyak goreng 1 liter, gula 250gr, garam 100gr, merica botol kecil, bawang merah putih masing2 1ons, telur 1/2kg, soalnya cuma buat dimakan sendiri, dan nyimpennya gampang. Boleh juga nyetok cabe kalo suka pedes.

Sekarang kita beralih ke resep.


Resep Sarapan Telur
Kalo telur mah gampang. Paling gampang bikin telor ceplok. Panaskan minyak 1 sdm diatas Teflon, keluarkan isi telur diatas Teflon, taburi garam dan merica. Masak sampai matang.


Masak telur yang kedua yaitu didadar. Biasanya kalo saya ditambah bawang putih cincang. Lebih enak dan bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.

Resep nasi goreng
Ini masakan yang paling sering saya buat selama jadi anak kos. Sangat mudah, praktis dan cepat.Bumbu nasi goreng yang paling sederhana Cuma bawang merah putih aja. Kalo mau yang lebih sederhana lagi, cukup bawang putih (saya sering menyebutnya nasi goreng bawang putih). Dengan seasoning wajibnya garam dan merica.Kalo mau pedes bisa juga ditambah irisan cabe, juga taburan daun bawang atau daun sop.


Itu resep inti dari nasi goreng. Jika kita sudah menguasai bumbu dasar ini, maka kita bisa membuat nasi goreng apa saja yang kita mau. Kita tinggal menambah isian suka-suka. Seperti potongan baso ikan/ayam/sapi. Potongan daging ayam/udang/sapi/cumi. Bisa juga ditambah potongan sayur mayur, kayak isian sop, potongan kecil-kecil kentang wortel (biar cepat matang), atau bayam. Apa saja yang kita mau.


Oia, satu saran yang paling penting, jangan menggunakan minyak bekas saat membuat nasi goreng. Karena tidak sehat, dan rasanya jadi kurang enak. Soalnya minyaknya akan kita konsumsi.

Nasi goreng telur dadar, nasi goreng bayam

Resep modifikasi
Resep modifikasi disini maksudnya, kita punya makanan yang sudah jadi, lalu kita hangatkan dengan menambahkan beberapa tambahan lain dari stok bahan makanan yang kita punya. Seperti suatu hari saya beli satu porsi sayur sop buat makan malam. Pengen dimakan dalam keadaan hangat. Jadi sekalian saja saya tambahin telur. Saya tumis bawang putih, trus masukkan telur di orak-arik, trus masukkan sopnya. Tunggu sampai mendidih lagi. Sopnya hangat, dan jadi lebih enak.


Atau saat masak indomie. Bisa ditambahin macam-macam yang kita suka. Atau kalo sedang punya tepung terigu, kita bisa bikin omelet. Bumbunya bawang merah putih cincang yang ditumis, garam, merica, telur, dan irisan daun bawang, dan potongan tomat. Tinggal nambahin isinya, bisa sayur mayur, sosis, baso, udang, dll apa aja. Trus tinggal di masak di atas Teflon dengan sedikit minyak. Atau tepung terigunya kalo masih ada, bisa kita bikin dadar manis. Tinggal dipakein gula, susu, trus didadar diatas Teflon dengan margarin. Kalo udah matang bisa di tambahkan susu lagi diatasnya. Bisa jadi cemilan mudah tengah malam kalo lagi ngerjain tugas.


Omelet Bayam

Resep Di-grill aja
Kalo lagi pengen masak serius, seperti pengen masak ikan, ayam, atau tempe tahu, saran saya mending semua di grill aja di atas Teflon dengan sedikit minyak. Selain kita g buang-buang minyak, juga jadi lebih sehat. Lagian kalo menggoreng dengan minyak banyak, habis masak, agak repot menyimpan sisa minyaknya. Soalnya kita kan ga setiap hari menggoreng dengan minyak yang banyak.


Sip, baru ini aja sih resep a la anak kos berdasarkan pengalaman saya. Kalo ada yang punya pengalaman juga bisa sharing ^ ^

Selamat berkreasi.

6 komentar:

  1. masakan standar tapi rasa luar biasa itu yg penting. dulu pas ngekos gini juga. dan yg pasti mesti tetep semanget kuliah, walau uang dari ortu sering telat masuk rekening

    BalasHapus
  2. uhuuhhu... walaupun duit tipis, tp ttp harus makan makanan yang sehat ^_^
    nice recipe... walaupun sy bukan anak arsitek sih... hehe

    BalasHapus
  3. omelet bayam sepertinya mantap

    BalasHapus
  4. kehidupan kos2an... irit asik menarik... hehe

    BalasHapus
  5. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi wwwasianbet77com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus
  6. Weeeeehh. Tahun 2013 terakhir postingannya.
    Update lah Andin. :)

    BalasHapus

Menurut kamu gimana? ^____^